Bagaimana Astra FMS dapat Membantu Meningkatkan Layanan Pelanggan?

f:id:adriansehat:20200122161920j:plain



Sejak diperkenalkan ke publik beberapa waktu lalu, Astra FMS terus mendapat perhatian masyarakat terutama dari kalangan perusahaan tranportasi. Hadirnya produk dari perusahaan transportasi PT Serasi Autoraya di bawah naungan Astra Group ini dinilai menjadi solusi masalah manajemen kendaraan, baik kendaraan penumpang maupun logistik.

Lantas apa itu Astra FMS?

Astra FMS adalah produk perangkat hardware yang berfungsi untuk merekam pergerakan kendaraan secara real-time. Pergerakan yang dimaksud mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan laju kendaraan seperti kecepatan terlalu tinggi atau manuver ekstrem misalnya pengereman mendadak, menikung secara tiba-tiba, peringatan ketika mobil dalam ancaman pencurian, dan lain-lain.

Nah, dari fungsinya tersebut perusahaan lebih mudah meng-handle manajemen kendaraan terutama kemudahan memantau operasional kendaraan pada sistem tranportasi perusahaannya. Secara garis besar, Astra FMS membantu perusahaan meningkatkan efisiensi biaya serta keamanan kendaraan dengan cara memberikan visibilitas terhadap pergerakan kendaraan.

Joint Venture dengan GOJEK

Untuk lebih mendekatkan produk Astra FMS ke masyarakat, sekaligus untuk meningkatkan layanan pelanggan, PT Astra International bersamaa GOJEK membentuk perusahaan patungan (joint venture). Bentuk kesepakatan tersebut juga untuk mendorong pertumbuhan bisnis ride hailing roda empat yang misinya tentu saja membantu meningkatkan ketersediaan sarana transportasi online secara door to door bagi masyarakat luas.

Sedikit informasi soal GOJEK, transportasi berbasis online ini diluncurkan Januari 2015 lalu yang kini menjadi yang terbaik di Asia Tenggara di sektor digital and mobile consumption. Saat ini GOJEK menjelma menjadi super-app yang memberi kemudahan dalam hal bertransaksi serta menghubungkan jutaan customer dengan jutaan pengemudi, penyedia layanan (service provider) serta mitra usaha (merchant). 

Melalui kerjasama antara Astra dan GOJEK, masyarakat luas akan terbantu untuk masuk ke ekonomi formal sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai. Hal ini tentu saja membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia.

Jika sedikit ditengok ke belakang, di kancah Asia Tenggara, Indonesia memiliki catatan paling pesat dalam hal pertumbuhan ekonomi digital. Banyak yang menaruh harapan bahwa kemitraan strategis yang dibangun Astra dan GOJEK mampu memaksimalkan potensi Indonesia untuk tetap menjadi leader ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara.

Potensi ekonomi digital di Indonesia wajib dimaksimalkan untuk dapat bersaing dengan negara lain. Dalam hal ini para pelaku bisnis memiliki kesempatan lebih besar untuk merealisasikan misi itu, dimana penggabungan kekuatan di masing-masing industri tentu saja akan melahirkan kekuatan ekonomi yang hebat.

Begitu juga dengan kekuatan Astra di bidang otomotif serta GOJEK yang handal di bidang teknologi. Dengan penggabungan dua kekuatan tersebut tentu membuka kesempatan lebih besar kepada masyarakat untuk mendapatkan sumber penghasilan sehingga kesejateraan hidup mereka semakin meningkat.

Dukungan Astra FMS untuk Ribuan Armada

Melalui kesepakatan Astra International dan GOJEK, perusahaan yang mereka bentuk saat ini menyediakan ribuan armada, dimana sistem pengelolaan operasional kendaraan didukung oleh Astra FMS (Fleet Management Solution) serta teknologi ride hailing untuk layanan GO-CAR di aplikasi GOJEK.

Tersedianya ribuan armada dengan sistem manajemen kendaraan yang profesional, tentu memberi kesempatan kepada mitra kerja untuk memberi layanan transportasi online berkelanjutan dengan kualitas maksimal. Dengan sendirinya pelanggan bisa meraih pendapatan yang layak jika tercatat sebagai member GO-CAR.   

Produk-produk dari PT Serasi Autoraya seperti TRAC, Mobil88, IBID, dan sekarang Astra FMS memang berusaha memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat secara umum. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra Group selaku induk perusahaan untuk sejahtera bersama bangsa.